Kegiatan PHBS di Desa Ciwarak Bersama KKN 51 Universitas Siliwangi

Ciwarask Jumat, 19/01/2018.

KKN 51 Universitas Siliwangi menyelenggarakan program kerja dengan tema “PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)” di SD Negeri 1 Ciwarak dan SD Negeri 2 Ciwarak Kec. Jatiwaras Kab. Tasikmalaya. Kegiatan ini dihadiri pula oleh guru dari SD Negeri 1 Ciwarak dan SD Negeri 2 Ciwarak, serta para panitia dari KKN 51 UNSIL.

PHBS adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, sehingga membantu masyarakat mengenali dan mengatasi masalah sendiri, dalam tatanan rumah tangga, agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. PHBS pada tatanan rumah tangga dinilai berdasarkan 16 indikator yang meliputi 9 indikator perilaku dan 7 indikator lingkungan. Indikator Perilaku adalah (1) Perilaku tidak merokok, (2) Persalinan oleh Nakes, (3) Imunisasi, (4) Penimbangan Balita, (5) Sarapan Pagi, (6) Kepersertaan Dana Sehat, (7) Kebersihan Mencuci Tangan, (8) Kebersihan Menggosok Gigi, (9) Olah Raga. Sedangkan, Indikator Lingkungan pada PHBS adalah (1) Sarana Air Bersih, (2) Jamban, (3) Tempat Sampah, (4) Sarana Pembuangan Air Limbah, (5) Ventilasi Rumah, (6) Kepadatan Rumah, (7) Lantai Rumah.

PHBS yang dipilih berdasarkan indikator perilaku, yaitu kebersihan menggosok gigi dan kebersihan mencuci tangan. Kebersihan menggosok gigi dinamakan SIGIMAS (Sikat Gigi Massal) dan kebersihan mencuci tangan dinamakan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). KKN 51 UNSIL memilih SIGIMAS dan CTPS dalam kegiatan PHBS karena untuk bertahan hidup manusia membutuhkan tenaa, dan tenaga tersebut didapatkan dari makanan yang dimasukkan ke tubuh melalui mulut dengan menggunakan tangan. Mulut dan tangan merupakan salah satu organ tubuh yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari khususnya ketika memasukkan sumber energi ke dalam tubuh, serta mulut dan tangan merupakan salah satu dari sumber penyakit. Maka dari itu, mulut dan tangan harus selalu dijaga kebersihannya. Untuk menjaga kebersihan mulut dan tangan harus diajarkan kepada anak-anak dari sejak kecil agar anak-anak dapat menerapkannya dan terbiasa dengan perilaku hidup sehat, karena hidup sehat merupakan suatu kebutuhan bukan suatu pilihan.

SIGIMAS dilakukan di SD Negeri 1 Ciwarak dengan sasaran siswa kelas 1 sebanyak 17 orang, sedangkan CTPS dilakukan di SD Negeri 2 Ciwarak dengan sasaran siswa kelas 1 sebanyak 13 orang. Pada saat kegiatan SIGIMAS dan CTPS berlangsung, para siswa sangat antusias dan mengikuti semua kegiatan yang telah direncanakan seperti senam dan bernyanyi bersama sebelum melakukan kegiatan sikat gigi dan cuci tangan secara bersama-sama.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan