Seminar Kewirausahaan oleh KKN 51 Universitas Siliwangi

Ciwarak Jumat, 26/01/2018.

KKN 51 Universitas Siliwangi menyelenggarakan seminar kewirausahaan di Balai Desa Ciwarak Kec. Jatiwaras Kab. Tasikmalaya dengan tema “CIWARAK AKTIF (Bergerak Bersama untuk Mendukung Peningkatan IPM Desa Ciwarak yang Kreatif dan Inovatif)”. Pemateri dari seminar ini adalah Sela Resalinda, SE yang merupakan alumni dari Universitas Siliwangi, dan manajer dari perusahaan ABALOQ. Seminar ini dihadiri oleh kepala Desa Ciwarak, perangkat Desa Ciwarak, dosen pembimbing lapangan KKN 51, para pelaku usaha dan masyarakat di lingkungan Desa Ciwarak, serta para panitia KKN 51 Universitas Siliwangi.

Seminar kewirausahaan ini berisi tentang cara bertahan hidup dengan ekonomi kreatif. Salah satu ekonomi kreatif adalah membuat produk yang baru (inovasi). Produk merupakan barang berwujud yang memenuhi kebutuhan manusia yang menginginkan atau memerlukannya. Selain menginovasikan produk, komponen produk juga harus sangat diperhatikan, yaitu mendesain produk dengan sangat baik, mengetahui daya tahan produk yang dibuat, membuat daya tarik produk, mengemas dan membuat merk pada produk tersebut agar dapat dipasarkan dan dapat dikenal oleh khalayak umum.

Pemasaran produk dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pasar offline dan pasar online. Pasar offline merupakan suatu sarana sebagai tempat menawarkan barang ataupun jasa yang mana penjual dan pembeli langsung bertatap muka dan langsung berinteraksi, sedangkan pasar online merupakan sarana sebagai tempat menawarkan barang ataupun jasa lewat dunia maya atau internet.

Dalam usaha, seorang wirausaha harus membuat pembukuan yaitu kegiatan pencatatan keuangan yang terjadi dalam usaha yang sedang dijalankan, karena pembukuan sangat penting untuk mengetahui arus kas masuk dan keluar, mengetahui posisi modal yang terpakai, mencegah tercampurnya keuangan pribadi dan usaha, dan untuk menganalisa serta mengambil keputusan. Bagian dalam pembukuan ada 3 macam, yaitu neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Semoga dengan adanya seminar kewirausahaan ini dapat memberikan manfaat yang baik dan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Desa Ciwarak Kec. Jatiwaras Kab. Tasikmalaya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*