Prakerin SMK KARYA PUTRA MANGGALA Sedang Melakukan Perawatan PC di Desa Ciwarak

Fikri A.F Seorang siswa SMK KARYA PUTRA MANGGALA sedang melakukan perawatan PC CPU

Ciwarak (06/03/2019) : pukul 09.20 siswa SMK KAYRA PUTRA MANGGALA sedang melakukan prakerin yang dimulai pada hari Senin tanggal (18/02/2019). Siswa yang melakukan prakerin di Desa Ciwarak ini berjumlah 4 orang,yaitu 3 orang putra, 1orang putri. Di Desa Ciwarak jadwal masuk yaitu pada pukul 07.45 dan jam pulang pada pukul 14.30.

Siswa SMK KARYA PUTRA MANGGALA  telah melaksanakan prakerin selama kurang lebih 15 hari.Adapun sebagian dari siswa yang melaksanakan prakerin di Desa Ciwarak menginap di rumah pegawai desa.

Pada hari selasa,siswa SMK KARYA PUTRA MANGGALA melakukan perawatan PC yang berupa CPU yang tidak berfungsi sejak seminggu sebelumnya.Perawatan PC tersebut dibimbing oleh pembimbing prakerin di Desa Ciwarak (Pa Yoga) yang berlangsung kurang lebih selama satu jam.Adapun tujuan dari perawatan PC tersebut yaitu untuk memulihkan kembali fungsi CPU agar CPU tersebut bisa berfungsi kembali sebagaimana mestinya,dan untuk menambah wawasan tentang bagaimana merawat pc agar tida terjadi kerusakan atau tidak berfungsi,serta untuk bahan judul pembuatan laporan/tugas akhir prakerin.

CPU (Central Procesing Unit) adalah suatu induk atau pusat pemprosesan data dari perangkat komputer.CPU teramsuk kedalam perangkat proses komputer.Adapun komponen yang terdapat dalam CPU diantaranya Casing CPU,Motherboard,Procesor, dsb.

siswa SMK KARYA PUTRA MANGGALA sedang membersihkan komponen CPU yaitu Motherboard

Tidak hanya siswa sekolah saja yang harus mengetahui cara perawatan PC baik itu cpu atau yang lainnya,masyarakat juga harus mengetahui tentang perawatan PC CPU,yaitu:

1. Gunakan UPS.

2. Bersihkan secara berkala,tiap komponen yang ada dalam komputer setidaknya harus dijaga kebersihannya agar dapat beroprasi secara maksimal,proses pembersihan tersebut minimal dilakukan 6 bulan sekali atau lebih.

3. Lebih baik memasang kabel Ground.

4. Jangan lupa membersihkan power supply.

5. Gunakan antivirus yang selalu update.

6. Pastikan untuk menempatkannya di tempat aman dan terbebas dari sinar matahari secara langsung.

 

(Penulis Desi Rahmawati Siswi SMK KARYA PUTRA MANGGALA)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan